Kamis, 11 Juni 2015

Jadwal Menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) Khaira Aqila :')



Halo halo,, udah lama sih ini per-MPASI-annya Khaira Aqila soalnya sekarang dia sudah makan makanan rumahan dengan menu yg ada dan aku masak tiap hari di rumah, tetapi berhubung banyak temen2 yang nanya, umur segini makan apa, keju bolehnya kapan, umbi2an gimana. Jadi aku posting aja ya jadwal menu MPASI nya Khaira Aqila..

Sebelum tampilan jadwal menunya,, kalau ibu2 yang mau mulai MPASI bayinya mungkin bisa buat tabel jadwal menu gitu, yang isinya jam makan, menunya apa, sama keterangan. Keterangan disini dimaksudkan dengan reaksi anak, dia suka ga,, trus dy PUP ga, sembelit ga? Jadi suatu saat nanti kalau mau mencampurkan dengan menu yg sama kita punya catatannya, sekaligus buat melihat reaksi alergi dari sang bayi..

USIA 6 BULAN
Pada usia 6 bulan, bayi direkomendasikan makan hanya satu sampai dua kali makan saja dengan bubur saring kental (tidak tumpah jika sendok dibalik), dan jumlahnya hanya 2-3 sendok makan saja. namanya juga bayi baru belajar makan :)

Ini jadwal makan yang saya beri untuk anak saya pada usia 6 bulan:
Minggu pertama -> makan satu kali saja di pagi hari dengan menu pure buah yang diulang dua hari (untuk lihat reaksi alergi)
Minggu kedua -> makan dua kali yaitu pagi hari tetap pure buah dengan pengulangan menu dua hari dan siangnya menu karbo tunggal, misal bubur beras putih, bubur kacang hijau, dll.
Minggu ketiga -> makan dua kali yaitu pagi pure buah dan siang menu karbo yang dicampur kaldu, misal bubur beras putih + kaldu sapi.
Minggu keempat -> makan dua kali yaitu pagi pure buah yang mulai dicampur2 dan siang menu karbo dicampur kaldu dan sayur.
*dari empat minggu tersebut tetap diamati reaksi alerginya.

 jadwal menu MPASI usia 6 bulan

USIA 7 BULAN
Usia 7 bulan ini sore harinya sudah mulai dikasih fingerfood tapi masih berupa buah dan sayur2an potong saja. Saat itu berhubung belum terlalu bisa megang buah, jadi buah2annya saya masukkan kedalam foodfeeder (waktu itu pakai merk munckin, dapat bonus dr beli grindernya :D). Cuma foodfeeder ini ga kepake lama ko, selebihnya sudah bisa pegang buah sendiri.
Frekuensi makan di usia 7 bulan sebanyak tiga kali makan, yaitu pagi pure buah; siang karbo, protein, dan sayur; serta sore buah potong.

 jadwal menu usia 7 bulan


USIA 8 BULAN
Usia 8 bulan ini sudah bisa makan olahan sapi, seperti yoghurt, keju, dan juga sudah bisa makan telur. tetapi tetap amati reaksi alerginya.
Pada usia ini, saya mulai memberikan 4 kali makan, yaitu pagi dan menjelang sore menu buah atau umbi-umbian (sudah tidak pure), siang dan sore  menu karbo, protein, dan sayur.

 Jadwal menu MPASI 8 bulan

USIA 9 BULAN DAN 10 BULAN
Pada usia 9 bulan, saya berikan lima kali makan yaitu pagi hari buah potong atau jus, jam 10 pagi dan sore makan karbo, protein, sayur, serta siang dan sore makan cemilan berupa biskuit, buah, atau umbi2an.

Jadwal menu usia 9 bulan

Jadwal menu MPASI usia 10 bulan

Jadwal menu usia 11 bulan, 12 bulan, dan lain-lainnya sudah ga tercatat lagi. hehehe berhubung sejak usia 11 bulan sudah ikut menu keluarga jadi ga dicatat lagi.. hehee.. tetapi sampai sekarang masih makan buah di pagi hari, kalau ada yg bilang makan buah dipagi hari itu bikin sakit perut, hemmmm saya rasa nggak deh tergantung kebiasaan kali ya,, karena mama papa dan Khaira Aqila sendiri ga pernah sakit perut dengan makan buah pagi2. hehehe...

Menu MPASInya ini memang tidak variasi, tidak heboh2 kaya ibu2 lainnya, dengan alibi mamanya hanya punya waktu masak pagi hari saja jadi cuma bisa masak seadanya aja yang agak mirip2 dengan masakan untuk mama papanya :) tetapi sampai usia 1 tahun dan bahkan sekarang, Khaira Aqila cuma makan masakan mama saja (kecuali kalau mama lg dinas).

Oya,, sampai usia 1 tahun, Khaira Aqila ga makan makanan yg mengandung gula n garam ya.. setelah 12 bulan baru deh dikenalkan dengan gula, garam, madu dengan jumlah yg sedikit pastinya. hehe...

Semangat membuat MPASI homemade ya mama2 kece semua :)
masak makanan bayi itu ga sesusah masak makanan padang ko :)
Serius deh,, gampil surampil dan tentunya ada rasa puas karena sudah memberikan yg terbaik :)



33 komentar:

  1. Makasi banyak yaa mama aira.

    Kebetulan anak aku MPASI
    Aku save pic nya yaa

    BalasHapus
  2. Iya silahkan mba Katika Ayu, semoga bermanfaat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaldu ayam itu gmn yaa? Kaya semcam royco gtuu? Emang boleh?

      Hapus
    2. bantu jawab...
      bukan royco bun, tapi air rebusan daging ayam
      jadilah kaldu ayam
      kira2 seperti itu bun :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Halo mbak, waktu 7 bulan dikais buah potonh apa ya? Uda bisa gigit2 emang ya mbak kalau bayi 7 bulan? Maaf newbie mom, br mau mpasi ni, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh mom Qqie Kudo maaf baru sempat balas, kalau mau ikut sistem baby led weaning (BLW) sih bisa2 aja mba, pd prinsipnya bayi bisa ko memilah dan memilih, bisa pakai wortel kukus, labu siam kukus, semangka potong, dll.. atau pakai bantuan food feeder klo memang dirasa bayinya belum bisa mba.

      Hapus
  5. wah asik... akhirnya dapat pencerahan juga... thanks ya bunda, soalnya aku juga lagi bingung banget nanti mudik lebaran baby ku usia 7 bulan dan udah mpasi, yes... tadi aku lihat di jadwal yang 7 bulan, menu karbo ada yang di skip karena lagi otw bogor... itu gpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo bunda Anindyanti, maaf baru sempat balas. kalau untuk diperjalanan sih jangan dibuat ribet kali ya bun, hehe,,, tok anaknya kan msh mimik juga. hehe.. tp kalo saya sih bisa pakai oat, dll.. trus bawa pisang, alpukat, yg bisa tinggal kerok aja.. cari yg simple, tapi setelah sampai di lokasi baru deh mulai masak2 lg..

      Hapus
  6. wah asik... akhirnya dapat pencerahan juga... thanks ya bunda, soalnya aku juga lagi bingung banget nanti mudik lebaran baby ku usia 7 bulan dan udah mpasi, yes... tadi aku lihat di jadwal yang 7 bulan, menu karbo ada yang di skip karena lagi otw bogor... itu gpp?

    BalasHapus
  7. Cemi...anakku tanggal 22 ini mpasi lagi cari2 baca2 eehh nemu blog mu..bermanfaat bgt ni blog..makasih ya cem hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaa tatan aku dah lama ga buka blog. piuhhhhh.... makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  8. Bermanfaat sekali mbak.1 bulan 7 hari lagi bayiku mpasi .aku save pict yaaa buay referensi 😊 terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya silahkan mbaa, terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  9. Bun, mau tanya kalau pure buah itu d kukus juga ya baru di saring? Trs yg bubur + mangga itu, mangga d kukus saring baru campur bubur? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo bunda, maaf baru sempat balas.
      Buah yang dikukus cuma apel dan pear itupun hanya di 1 bulan pertama. selebihnya bisa langsung disaring ya bun.
      untuk sayuran baru dikukus terlebih dahulu.
      Terima kasih sudah mampir :

      Hapus
  10. hai bunda Grace Mangontan,, sharing aja ya.. aq juga newbie mom.. anakku 7 bulan 3 hari.. kalo aq iya buahnya direbus atau dikukus lalu disaring baru dicampurin sama buburnya. bunda yang lain gmn pengalamannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii bunda Rina, terima kasih sudah mampir.
      Kalau pengalaman saya, buah yang dikukus terlebih dahulu hanya buah apel dan pear pada saat bayi umur 6 bulan. apabila sudah usia 7 bulan, bisa langsung disaring. Kalau buah lainnya bisa langsung disaring. Kecuali sayuran harus dikukus terlebih dahulu.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Hallo bun , blog nya bagus skali... alhamdulillah sy jd punya patokan hehe
    Oh ya bun , sy mau tanya , anakku umur 6 bulan 2 minggu skr ini , boleh ga sih bubur beras nya di kasih unsalted butter atau keju biar lebih gurih aja... mksh bun... di tggu jawabannya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo om Lady Carina, salam kenal
      Sebenarnya kalau prinsip WHO kan kita bisa memberikan makanan untuk anak kita kapan saja, namun yang perlu diperhatikan adanya reaksi alergi. Bayi umur > 8 bulan biasanya lebih toleran. Makanya rekomendasinya pas umur > 8 bulan. kalau mengenai rasa, bayi kan belum tau macam2 rasa mom, jadi lebih baik beri rasa aslinya. Selain itu, kalau mau nutrisi lain mungkin bisa ditambah evoo/eloo, kaldu ikan, ayam, sapi, dll.

      Hapus
  13. Halo om Lady Carina, salam kenal
    Sebenarnya kalau prinsip WHO kan kita bisa memberikan makanan untuk anak kita kapan saja, namun yang perlu diperhatikan adanya reaksi alergi. Bayi umur > 8 bulan biasanya lebih toleran. Makanya rekomendasinya pas umur > 8 bulan. kalau mengenai rasa, bayi kan belum tau macam2 rasa mom, jadi lebih baik beri rasa aslinya. Selain itu, kalau mau nutrisi lain mungkin bisa ditambah evoo/eloo, kaldu ikan, ayam, sapi, dll.

    BalasHapus
  14. Mba mau tanya klo bubur beras putih dan merah itu buat sendiri?

    BalasHapus
  15. Mbak gambarnya kok saya dunlud tulisannya g keliatan ya...padahal mau nyontoh buat mpasi anak saya minggu depan

    BalasHapus
  16. Mbak gambarnya kok saya dunlud tulisannya g keliatan ya...padahal mau nyontoh buat mpasi anak saya minggu depan

    BalasHapus
  17. Mantaaap.. terima kasih atas sharingnya, Bunda.. sangat bermanfaat.. :)
    ohya, putrinya pernah dikasih menu dagingkah..

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah bermanfaat bingits mba...bln depan maureen udah mpasi...thanks ya mba

    BalasHapus
  19. Bun saya liat menunya tiap hari beda, apakah tiap hari bunda masak buburnya? Atau ada cara supaya bs satu kali masak bisa utk di makan 2-3 hari ke depan?

    Makasih bunda

    BalasHapus
  20. terima kasih bun sudah share, sangat menginspirasi format tabel nya. menunya mah yaaa sekenanya aku aja hihi.

    BalasHapus
  21. Makasih bun dah share, sangat bermanfaat n sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  22. Makasih yaa bun.. sangat bermanfaat buat mpasi anak saya 😘

    BalasHapus
  23. Mom kok pas mau d buka daftar makanannya ga ada, cuma ada jam aja

    BalasHapus